22 Februari 2010

Juara Keroncong Dapat Tiket Masuk ke UB

Juara Keroncong Dapat Tiket Masuk ke UB
19 Pebruari 2010
Sebanyak 33 peserta meramaikan Festival Keroncong Tingkat SMA se-derajat 2010 se-Malang Raya pada Kamis (18/2). Acara yang digelar di Gedung Student Center Universitas Brawijaya ini merupakan rangkaian dari peringatan Dies Natalis UB ke 47. Acara ini selain bertujuan memeriahkan peringatan Dies Natalis UB ke-47 juga sebagai ajang promosi UB ke pelajar setingkat SMA.
Prof Dr Ir Hartutik MP Ketua Panitia Dies Natalis UB ke-47 mengatakan, keroncong dipilih karena melihat minimnya minat generasi muda terhadap genre musik ini. "Kebanyakan remaja menyukai pop atau rock kan, seriosa, jazz sekarang kurang disenangi. Itulah akibat dari globalisasi," ujarnya.
Hartutik menjelaskan selain mendapatkan uang tunai, juara1,2, dan 3 pada festival kali ini juga akan mendapatkan tiket masuk ke UB melalui jalur non-akademik. "Nanti juga akan kita lihat nilai rapornya dari semester 1-5, seperti di fakultas peternakan minimal seluruh mata pelajaran nilainya 60," tambah Hartutik.
Festival kali ini mengundang tiga juri yaitu Priadi (guru vokal), Ary Kuntjahjo (penyiar acara keroncong RRI Malang 1980-2004), Enny Sugito (ketua Dharma Wanita UB, penikmat keroncong). Setelah melalui proses penjurian diputuskan tiga juara putra dan lima juara putri. Perbedaan jumlah juara ini dikarenakan jumlah peserta yang timpang, 6 peserta putra dan 27 peserta putri. Juara I untuk putra, Osca Febrian Bayu Vinada (SMU N 9 Malang), juara II Wahyu Evan (SMUN 1 Lawang), juara III Fajar Bramanto (MAN 2 Batu). Sedangkan kelima juara untuk putri adalah, juara I Rezi Redianita Pratomo (SMUN 4 Malang), juara II Wahyu Kusumayanti Putri (SMUN 1 Lawang), juara III Niken Galuh Permata Sari (SMU Islam Kepanjen), juara harapan I Faradila Nurbaiti (SMAN 3 Malang), juara harapan II Merry Christiana Sasa (SMAN 2 Batu).
Niken Galuh Permata Sari juara III putri mengungkapkan salah satu alasannya mengikuti festival keroncong yang diadakan UB ini karena pemenangnya bisa kuliah di UB lewat jalur non-akademik. "Awalnya pingin kuliah di akbid, tapi kalau di UB gak ada ya masih mikir-mikir dulu masuk jurusan apa" jawabnya . Untuk mengikuti festival kali ini Niken khusus belajar musik keroncong ke tetangganya. Niken juga menceritakan persiapan khususnya "Awalnya susah, tapi kalau diikuti lama-lama asyik juga," tuturnya. Menurutnya selain suara dan kesehatan yang harus diperhatikan adalah penampilan termasuk kostum dan make-up. [ai]

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG DI FAKULTAS PERTANIAN UB MALANG

SEMOGA BLOG PUSTAKA INI BERGUNA BAGI KEMAJUAN PERTANIAN DI INDONESIA KHUSUSNYA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA