15 Februari 2010

Jurusan Ilmu Tanah Fak Pertanian UB

Jurusan Tanah
Informasi tentang profil Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Jurusan Tanah merupakan salah satu dari 4 Jurusan yang ada di Fakultas PertanianSebagai di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP Unibraw). berdiri sejak tahun 1974 dan secara resmi ditetapkan oleh Dirjen DIKTI pada tanggal 24 September 1984. Cikal bakal Jurusan Tanah adalah Departemen Tanah dan Pemupukan yang ditetapkan bersamaan dengan dimekarkannya Depertemen di Fakultas Pertanian Unibraw dari dua Departemen yaitu (Sosial Ekonomi Pertanian dan Teknik Pertanian) menjadi empat yaitu (Tanah dan Pemupukan, Agronomi, Proteksi Tanaman dan Sosial Ekonomi Pertanian) dengan SK Dekan Fakultas Pertanian. Saat ini Jurusan Tanah hanya mempunyai satu Program Studi yaitu Program Studi Ilmu Tanah (PSIT).PSIT merupakan PS yang langka, karena dari 28 Fakultas Pertanian Perguruan Tinggi Negeri se Indonesia hanya ada 18 PSIT, sedang dari 179 FP Perguruan Tinggi Swasta se Indonesia hanya tercatat 9 PSIT (di Indonesia hanya ada 27). Hingga saat ini telah mantap dan terus berkembang.

Sejak didirikan hampir 30 tahun yang lalu, sampai dengan akhir semester genap 2002/ 2003 PSIT FP Unibraw telah menghasilkan hampir 600 lulusan yang telah mengisi lapangan kerja baik di sektor pertanian maupun penunjangnya.

Jumlah mahasiswa yang diterima di PSIT cukup bervariasi. Sebelum kurikulum 1994 diberlakukan jumlah mahasiswa yang diterima antara 20-30 mahasiswa. Pada saat itu mahasiswa masuk PSIT pada semester V setelah melalui seleksi terlebih dahulu. Sejak kurikulum nasional diberlakukan pada tahun pertama (angkatan pertama) diterima 20 orang kemudian ditingkatkan menjadi 40 orang. Daya tampung PSIT sejak 1998/1999 telah ditentukan oleh DIKTI sejumlah 80 orang dengan perincian 65 orang melalui jalur UMPTN dan 15 orang melalui jalur PSB. Mulai tahun ajaran 2003/2004 hanya menerima sekitar 60 mahasiswa.
Jurusan Tanah FP Unibraw saat ini telah memiliki dosen yang sangat memadai (baik kualitas dan kuantitasnya : 6 orang bergelar Proffesor). Proses belajar dan mengajar dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai (LCD, Komputer) untuk kuliah, praktek, penelitian, dan perpustakaan. Kerjasama dalam bidang pengembangan pendidikan dan penelitian.dilakukan dengan berbagai instansi/ lembaga baik di tingkat nasional, regional maupun internasional yang hingga saat ini masih terus berlangsung (NUFFIC, IAEA, ACIAR, ICRAF, EU, SEANAFE).

Program Studi Ilmu Tanah telah di akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan nilai A**** (A bintang 4) dan mendapat penghargaan sebagai Program studi pembina PS sejenis (1998). Dari 33 Program Studi di Unibraw, Program Studi Ilmu Tanah termasuk Program Studi dan satu-satunya PS yang mendapat nilai A di Fakultas Pertanian Unibraw. Mulai tahun 2004 PSIT mendapat dana kompetitif dari Program SP4 (pendanaan selama 2 tahun) dan Program Hibah Kompetisi (pendanaan selama 3 tahun) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk memperbaiki proses belajar mengajar program dalam rangka peningkatan kualitas lulusan.

PSIT FP Unibraw dirancang untuk menghasilkan Sarjana Pertanian yang mempunyai tambahan keahlian ilmu tanah, sehingga nantinya mampu memahami permasalahan serta mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya lahan baik untuk kegunaan pertanian maupun non pertanian pada berbagai penekanan (a.l. pendidikan, penelitian, perencanaan, pelaksana lapangan, konsultan, perbankan dan wirausaha).

Disamping Ilmu Pertanian secara lengkap, dalam PSIT akan dipelajari secara mendalam berbagai ilmu khusus, yaitu :

  • Kimia Tanah : ketersediaan unsur dalam tanah, rekomendasi pemupukan, evaluasi kesuburan tanah, pencemaran lingkungan, transport dan serapan unsur hara

  • Fisika tanah : pengelolaan tanah, irigasi dan drainase, hidrologi, pengelolaan tanah dan air, konservasi lingkungan, sumberdaya air, neraca air, kajian daerah aliran sungai, evaluasi sifat fisik tanah.

  • Biologi tanah : biokimia tanah, dekomposisi bahan organik, biodiversitas dan ekosistem,

  • Pedologi, Penginderaan jauh dan pemetaan : mineralogi dan geologi, survei tanah dan evaluasi lahan, , sistem informasi geografi dan perencanaan penggunaan lahan / pengembangan wilayah.

Program pendidikan berupa Pendidikan Sarjana STRATA 1 yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar menuju suatu keahlian akademik dalam bidang pertanian pada umumnya, dan secara khusus mendalami ilmu-ilmu tanah. Program STRATA 1 (S1) ini dapat diselesaikan dalam waktu 4 sampai dengan 7 tahun.
Sistem pendidikan yang digunakan adalah Sistem Kredit Semester (sks), suatu sistem penyelenggaraan pendidikan di mana beban studi mahasiswa, beban kerja dosen dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan dinyatakan dalam satuan kredit semester.
Untuk menyelesaikan program pendidikan di Program Studi Ilmu Tanah mahasiswa paling sedikit harus menempuh 144 sks, dengan 118 sks mata kuliah dan paling sedikit 26 sks mata kuliah pilihan.


Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG DI FAKULTAS PERTANIAN UB MALANG

SEMOGA BLOG PUSTAKA INI BERGUNA BAGI KEMAJUAN PERTANIAN DI INDONESIA KHUSUSNYA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA