19 Februari 2010

UB Ikuti Pameran Pendidikan di Jakarta


UB Ikuti Pameran Pendidikan di Jakarta
18 Februari 2010
Universitas Brawijaya (UB) mengikuti pameran pendidikan yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Kegiatan yang diikuti lebih dari seratus Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (PTN/PTS) terfavorit dan terkemuka di Indonesia ini diberi nama "19th Education And Training Expo 2010". Assembly Hall Jakarta Convention Centre (JCC) merupakan tempat penyelenggaraan acara ini, yang dilangsungkan selama 4 empat hari (11-14/2). Disampaikan Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), Dra. Welmin Soenyi Ariningsih, M.Lib, UB telah mengikuti kegiatan rutin tahunan ini untuk ketiga kalinya. Dengan pengaturan secara tertib, siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) mengunjungi setiap stan perguruan tinggi yang turut serta. "Panitia telah mengatur sedemikian rupa, termasuk menyediakan biaya transportasi sehingga mereka datang bergantian secara teratur. Hampir setiap stan tidak pernah sepi pengunjung", kata dia.
Ajang pameran seperti ini, menurut Welmin, sangat strategis untuk mempromosikan UB. "Banyak diantara siswa tersebut belum mengenal UB. Mereka banyak menanyakan UB itu dimana atau juga UB itu swasta atau negeri", tutur Welmin dengan nada prihatin. Meskipun begitu, ia mengapresiasi tingginya animo dan antusiasme para siswa maupun guru/orang tuanya dalam menggali informasi yang tersedia di tiap stan. "Kedokteran masih terfavorit yang paling banyak menarik perhatian, setelah itu disusul Fakultas Teknik", ujarnya. "Meskipun begitu kami masih tetap memperkenalkan keberadaan fakultas lainnya", kata dia. Untuk itu, dengan serius dirinya menghimbau agar tiap-tiap fakultas menyediakan data dukung dan profil lembaganya baik berupa leaflet, brosur, poster ataupun booklet. "Tiap fakultas harus menyediakan informasi yang dibutuhkan peminat. Mereka jelas membutuhkan informasi seperti biaya kuliah, ilmu yang dipelajari, prospek kerja dan yang lainnya", ujar Welmin. Selain itu, mereka juga mempertanyakan berbagai hal seperti biaya hidup di Malang, akomodasi serta transportasi.
"Pada pameran ini saya membawa bahan yang sangat terbatas. Bahkan informasi tahun akademik mendatang, utamanya biaya perkuliahan belum ada", tandasnya. Oleh karena itu, Welmin yang dalam kesempatan tersebut mengajak sebagian Pembantu Dekan bidang akademik dan jajarannya mencoba memberikan informasi sedetail mungkin dengan referensi tahun sebelumnya. Bahkan, kepada pihak panitia, Welmin juga mengusulkan agar kegiatan semacam ini diajukan Bulan Januari karena pada pertengahan Februari, salah satu program seleksi mahasiswa yaitu Penjaringan Siswa Berprestasi (PSB) sudah ditutup. Sesuai trend yang berkembang saat ini, Welmin juga menekankan pentingnya informasi semua program, yaitu magister, doktoral maupun sekolah vokasi dan bukan hanya program sarjana saja. [nok]

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG DI FAKULTAS PERTANIAN UB MALANG

SEMOGA BLOG PUSTAKA INI BERGUNA BAGI KEMAJUAN PERTANIAN DI INDONESIA KHUSUSNYA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA