15 Februari 2010

PROGRAM SARJANA AGRO-EKO-TEKNOLOGI SARANA DAN PRASARANA Fakultas Pertanian UB

PROGRAM SARJANA AGRO-EKO-TEKNOLOGI

SARANA DAN PRASARANA

Proses pembelajaran didukung oleh fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan selama mengikuti kegiatan pembelajaran, seperti ruang kuliah, ruang diskusi, laboraturium, ruang internet dan e-learing, laboraturium bahasa inggris, perpustakaan dan kebun-kebun percobaan.
Beberapa di antaranya adalah:

  1. Laboratorium Agribisnis
  2. Laboratorium Biologi-Ekologi Tanah
  3. Laboratorium Fisika-Konservasi Tanah&Air
  4. Laboratorium Fisiologi Tanaman
  5. Laboratorium Hama Tanaman
  6. Laboratorium Kimia-Kesuburan Tanah
  7. Laboratorium Kesuburan Tanah
  8. Laboratorium Pedologi, Penginderaan Jauh dan Pemetaan
  9. Laboratorium Pemuliaan Tanaman
  10. Laboratorium Penyakit Tanaman
  11. Laboratirium Sumberdaya Alam & Lingkungan (Crop Environment)
  12. Kebun Percobaan Ngijo, Karang-Ploso,Kab. Malang: Sekitar 1 ha, berupa lahan Sawah irigasi teknis. Kebun ini menjadi pusat aktivitas Penelitian dan Pembelajaran Sistem Agribisnis dan Agroteknolgi sawah dengan komoditi unggulannya Padi, Kedelai, Palawija, dan hortikultura dataran rendah.
  13. Kebun Percobaan Jatikerto, Kec.Kromengan, Kab.Malang: Luasnya sekitar 20 ha, berupa Pertanian Lahan Kering. Kebun ini menjadi pusat aktivitas Penelitian dan Pembelajaran Sistem Agribisnis dan Agroteknologi lahan kering dengan komoditi unggulannya tebu, palawija, buah-buahan dan sayuran.
  14. Kebun Percobaan Cangar, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu: Luas Kebun sekitar 30 ha, lahan pertanian dataran tinggi. Pusat aktivitas Penelitian dan Pembelajaran Sistem Agribisnis dan Agroteknologi Pertanian Organik dengan komoditi unggulannya tanaman hortikultura bernilai ekonomis tinggi.
  15. Kegiatan magang profesional mahasiswa dilakkukan pada unit-unit usaha agribisnis komoditi unggulan; bekerjasama dengan Beberapa Perusahaan Agribisnis di Indonesia; Himpunan Profesional dan Asosiasi Bisnis, seperti Perhimpunan Pengusaha Anggrek Indonesia (PPAI),Asosiasi Petani-Pengusaha Tanaman Hias Indonesia (APPTHI), Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APPP); dan Pusat-pusat Penelitian / Pengkajian Teknologi Pertanian di Jawa Timur.

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG DI FAKULTAS PERTANIAN UB MALANG

SEMOGA BLOG PUSTAKA INI BERGUNA BAGI KEMAJUAN PERTANIAN DI INDONESIA KHUSUSNYA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA